PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI REAKSI OKSIDASI REDUKSI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 KURIPAN
Main Author: | U L V I A N A, U L V I A N A |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5262/1/SKRIPSI%20ULVIANA%20%28E1M012066%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/5262/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran interaktif berbantuan multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar kimia materi reaksi oksidasi reduksi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuripan tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kuripan, sedangkan sampel yang diambil adalah kelas X.B dan X.F dengan teknik pengambilan sampel berupa sampling purposive. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran interaktif berbantuan multimedia untuk kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol. Variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar (ranah kognitif) siswa. Angket motivasi digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa, dan tes pilihan ganda digunakan unuk mengukur hasil belajar siswa. Uji t digunakan untuk menganalisis data motivasi belajar siswa, didapatkan thitung (0,13) < ttabel (1,68), ini menunjukkan bahwa model pembelajaran interaktif berbantuan multimedia tidak memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model konvensional terhadap motivasi belajar siswa. Uji gain t digunakan untuk menganalisis data hasil belajar siswa, didapatkan thitung (3,99) > ttabel (1,68), ini menunjukkan bahwa model pembelajaran interaktif berbantuan multimedia memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model konvensional terhadap hasil belajar siswa.