PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT PADA SISWA KELAS X IPA SMAN 1 LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Main Author: | Triapriantini, Triapriantini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5261/1/SKRIPSI%20TRIAPRIANTINI.pdf http://eprints.unram.ac.id/5261/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar Kimia materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit siswa kelas X IPA SMAN 1 Lembar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan rancangan penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas sampel yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan model pembelajaran berbasis proyek, sedangkan kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini yaitu uji-t bentuk separated varians. Hasil uji-t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan thitung < ttabel ( 1,37 < 2,000) maka Ho diterima. Kesimpulannya, bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar kimia materi larutan elektolit dan non elektrolit kelas X IPA SMAN 1 Lembar Tahun Pelajaran 2015/2016.