PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN PENDEKATAN BRAIN-COMPATIBLE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Author: RAIN, LUTHVIYA ZUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5257/1/Skripsi%20Luthviya%20Zun%20Rain.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5257/
Daftar Isi:
  • Penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design Proxy Pretest-Posttestini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dengan pendekatan Brain-Compatible Learning terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Lingsar tahun ajaran 2013/2014.Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMA Negeri 1 Lingsar yang tersebar dalam 6 kelas (168 siswa) dengan sampel kelas X-1 (kelas eksperimen, 27 siswa) dan kelas X-2 (kelas kontrol, 25 siswa). Sampel ditentukan berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata data proxy pretest pada masing-masing kelas. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dengan pendekatan Brain-Compatible Learning, sedangkan pada kelas kontrol berupa model pembelajaran konvensional dengan pendekatan konsep.Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (36,01) < nilai rata-rata posttest kelas kontrol (36,89). Analisis data posttest dengan menggunakan anacova(data proxy pretest sebagai kovariat)diperoleh F empirik (0,12) < F teoritik (4,04). Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan skor posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak signifikan (taraf kepercayaan 5%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dengan pendekatan Brain-Compatible Learning tidak memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Lingsar tahun ajaran 2013/2014.