PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SQ3R BERBANTUAN MEDIA PRAKTIKUM SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK OKSIDASI-REDUKSI KELAS X MS SMAN 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: NURDIAWATI, NURDIAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5253/1/nurdiawati%20e1m012048.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5253/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R berbantuan media praktikum sederhana terhadap hasil belajar siswa materi pokok Oksidasi-Reduksi kelas X MS SMAN 1 Narmada. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MS SMAN 1 Narmada sejumlah 212 orang, sampel yang digunakan adalah kelas X MS-3 (kelas eksperimen) dan MS-5 (kelas kontrol), melalui tehnik pengambilan sampel secara purposive sampling, dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R dan variabel terikatnya hasil belajar siswa. Digunakan uji Rasch untuk menghitung validitas dan reliabilitas instrument pretest dan posttest kelas X MS SMAN 1 Narmada dengan nilai rata-rata persen logit (hasil konversi nilai posstest menggunakan pemodelan Rasch) 0.92 kelas eksperimen dan 0.25 kelas kontrol. Perhitungan analisis data uji hipotesis menggunakan statistika ANAKOVA satu jalur yang diperoleh Fhitung > Ftabel, sehingga mengindikasikan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif Ha diterima. .