PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MA. AL-AZIZIYAH PUTRA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: SAHMADESTI, INTAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5251/1/intan%20sahmadesti.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5251/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa, (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional (Direct Instruction) dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Materi yang diajarkan yaitu materi “Reaksi Redoks”. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis kovarians dua jalan yang dilanjutkan dengan uji t, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa, (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional (Direct Instruction) dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa.