PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK REAKSI REDOKS PADA SISWA KELAS X SMAN 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: ISWARI, NI NENGAH DIAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5245/1/JURNAL%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5245/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis literasi sains terhadap prestasi belajar kimia materi pokok reaksi redoks pada siswa kelas X SMAN 1 Lingsar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian Post-test Only Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Lingsar, sementara sampel yang diambil adalah kelas X4 dan X7 dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas pada kelas eksperimen adalah model problem based learning berbasis literasi sains dan metode konvensional (ceramah) pada kelas kontrol, sementara variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa (dalam ranah kognitif). Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar pada materi reaksi redoks berupa tes pilihan ganda dan hipotesis diuji menggunakan uji t. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan bahwa model problem based learning (PBL) berbasis literasi sains berpengaruh lebih baik daripada pembelajaran konvensional, dimana pembelajaran dengan model PBL berbasis literasi sains membuat siswa terlatih untuk mampu memecahkan permasalahan dan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dari hasil posttest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Didapatkan pula nilai thitung (2,378)> ttabel (2,01) sehingga hipotesis alternatif diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar kimia menggunakan model problem based learning berbasis literasi sains materi pokok reaksi redoks pada siswa kelas X SMAN 1 Lingsar tahun ajaran 2015/2016.