PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK BUKU SAKU BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMAN 2 LABUAPI PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: SEPTIAN, FERDI DWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5243/1/JURNAL%20FERDI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5243/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam bentuk buku saku berbasis literasi sains terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMAN 2 Labuapi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Posttest only Non quivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Labuapi tahun ajaran 2015/2016 yang terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media buku saku berbasis literasi sains, sedangkan kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data hasil belajar yang diperoleh dengan metode tes dan diolah dengan Ujit. Hasil uji yang didapatkan thitung (4,705) > ttabel (2,064) maka Ha diterima Ho ditolak. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan buku saku larutan elektrolit dan non-elektrolit berbasis Literasi sains terhadap hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Labuapi Tahun Ajaran 2015/2016