ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMAN 1 JONGGAT PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: HIMNI, SRI FITRIATUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5242/1/SKRIPSI%20SRI%20FITRIATUN%20HIMNI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5242/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental (eksperimen semu) menggunakan nonequivalent control group design yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMAN 1 Jonggat pada materi pokok laju reaksi tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive Sampling dan terpilih dua kelas sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas XI MIPA 3 dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar siswa diukur dengan melihat efektifitas peningkatan kemampuan kognitif siswa setelah diberikan pretest dan post-test (N-gain) yang dianalisis menggunakan uji anava 1 jalur dengan bantuan program SPSS 18.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan nilai Ngain keseluruhan kelas eksperimen sebasar 0,58 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,44, yang masing-masing tergolong dalam kategori sedang (0,3 ≤ g ≤ 0,7). Ratarata N-gain kelas XI MIPA 3 (kelas eksperimen) lebih tinggi daripada kelas XI MIPA 4 (kelas kontrol). Hasil uji anava 1 jalur dari nilai N-gain keseluruhan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,005 (p < 0,05) dengan demikian, maka hipotesis nol (Ho) ditolak artinya ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata–rata N-gain secara keseluruhan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMAN 1 Jonggat pada materi pokok laju reaksi.