PENGARUH METODE EKSPERIMEN DAN MEDIA ANIMASI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT PADA SISWA KELAS X SMAN 3 MATARAM
Main Author: | RAMADHAN, MUHAMMAD SYAHRUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5239/1/MuhammadSyahrurR_P.Kimia_Skripsi.pdf http://eprints.unram.ac.id/5239/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen dan media animasi berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia materi larutan elektrolit dan non elektrolit pada siswa kelas X SMAN 3 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretestposttest nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas X SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2015/2016 yang terbagi dalam 12 kelas. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menerapkan pembelajaran dengan metode eksperimen dan media animasi berbasis inkuiri terbimbing, sedangkan kelas kontrol menerapkan pembelajaran konvensional. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data hasil pretest dan posttest yang diolah dengan analisis kovarian (anakova). Hasil uji anakova pada taraf signifikan 5% menunjukkan Fhitung (58,48) > Ftabel (3,98) yang berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan metode eksperimen dan media animasi berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kimia materi larutan elektrolit dan non elektrolit pada siswa kelas X SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2015/2016.