PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK MATERI LARUTAN PENYANGGA PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 6 MATARAM

Main Author: PUTRA, KADEK SUKMA DARMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5237/1/KADEK%20SUKMA%20DARMA%20PUTRA%20E1M012030.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5237/
Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar kimia pokok materi larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA SMAN 6 Mataram. Latar belakang penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar di kelas XI IPA SMAN 6 Mataram, maka untuk meningkatkan peresatasi belajar diharapkan guru mampu menciptakan suatu pembelajaran yang aktif dan bermakna, oleh karena itu, kreatifitas guru dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan. Pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif adalah solusi untuk mengatasi masalah hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 6 Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Sampel diperoleh dari teknik purposive sampling, sampel yang diperoleh adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4. Kelompok kontrol dalam pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah untuk XI IPA 4, sedangkan untuk kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif untuk XI IPA 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan hasil belajar yang di dapat dari tes akhir yang terdiri soal tes pilihan ganda. Analisis tahap awal dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi, kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaraan inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif memberikan hasil yang lebih baik dari pembelajaran konvensional, terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen (66,74) lebih besar dari kelas kontrol (53,18). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t didapatkan thitung (4,52) > ttabel (1,99). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kimia pokok materi larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA SMAN 6 Mataram