PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VI

Main Author: HATMAWATI, SOFIANA RAHMIATUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5236/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5236/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5236/3/BAB%20III.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5236/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5236/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5236/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan menentukan strategi implementasi model pembelajaran problem posing dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII SMPN 19 Mataram tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi empat tahap, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar fisika siswa pada ranah kognitif dari siklus I ke siklus II meningkat dari 75% menjadi 87,5% dengan nilai rata-rata untuk masing-masing siklus yaitu 72,66 dan 78,28, pada ranah afektif dari siklus I ke siklus II meningkat dari 67,97 menjadi 78,125 (cukup baik menjadi sangat baik), dan pada ranah psikomotorik dari siklus I ke siklus II meningkat dari 12,22 menjadi 15,578 (terampil menjadi sangat terampil). Disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar, strategi penerapan model pembelajaran problem posing dengan metode eksperimen adalah 1) memberi penghargaan berupa hadiah dan penambahan nilai bagi siswa yang aktif, tertib, dan tidak membuat gangguan selama kegiatan pembelajaran, 2) memberi perhatian dan bimbingan berupa penjelasan tentang materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, 3) memberi beberapa contoh pembuatan soal dan menjelaskannya secara rinci, serta 4) menunjuk secara acak anggota dari masing-masing kelompok untuk presentasi.