Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Wahyuni, Roni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5229/1/JURNAL.docx
http://eprints.unram.ac.id/5229/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pretestposttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA dengan sampel kelas XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 9 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan teknik tes pilihan ganda. Nilai rata-rata kelas ekperimen yang diperoleh yakni 77,00 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 65, 65. Nilai N-gain tertinggi paling tinggi pada sub materi sifat elastisitas bahan yaitu pada kelas kontrol sebesar 51% dan pada kelas eksperimen sebesar 88%. Uji statistik yang digunakan yaitu t-test polled varians dengan taraf signifikan 5%, dan hasilnya diperoleh thitung sebesar 6,27 dan nilai ini lebih besar dari ttabel (ttabel=1,993) dengan dk = 74. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017.