UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE PENYELIDIKAN KELOMPOK SISWA KELAS VIII A SMPN 3 LINGSAR TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: YAMIN, MUH.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5217/1/JURNAL%20MUH.YAMIN.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5217/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMPN Lingsar tahun ajaran 2015/2016. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A yang berjumlah 30 orang. Penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Sedangkan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe penyelidikan kelompok dilakukan melalui 5 tahap yakni tahap pemilihan topik, penyajian informasi, pengorganisasian, bimbingan, dan evaluasi. Penelitian ini dikatakan berhasil jika hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal  85 %. Berdasarkan hasil evaluasi maka diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 72,77 dengan ketuntasan klasikal 74,07 %. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 5,16 dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,93 dan ketuntasan klasikalnya sebesar 86,21 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe penyelidikan kelompok dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMPN 3 Lingsar tahun ajaran 2015/2016.