PERBEDAAN HASIL KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE BAGI SISWA SMP NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Author: | YUNITA, YUNITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5212/1/ARTKEL%20YUNITA.pdf http://eprints.unram.ac.id/5212/ |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil keterampilan proses sains siswa melalui model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran inquiry dengan metode pictorial riddle bagi siswa SMP Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2015/2016. Desain penelitian ini menggunakan Pretest Posstest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan tehnik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunungsari, dengan sampel siswa kelas VIII D (kelas eksperimen 1) dan siswa kelas VIII F (kelas eksperimen 2). Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berbentuk pilihan ganda beralasan yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabelitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soalnya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postest kelas eksperimen 1 adalah 59,2 dan kelas eksperimen 2 sebesar 51,7. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan data posttest terdistribusi normal dan homogen sehingga uji statistik yang digunakan adalah statistik parametrik t-test pooled varian dengan kriteria uji-t satu pihak (Independent sample t test). Hasil thitung sebesar 2,535 dan ttabel sebesar 1,671 pada taraf signifikansi 5 %, karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil keterampilan proses sains melalui model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran inquiry dengan metode pictorial riddle bagi siswa SMP Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2015/2016.