PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: HAMIDA, SARIFA HADIJATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5188/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5188/2/BAB%20II%20revisi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5188/3/BAB%20III%20%28Repaired%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5188/4/BAB%20IV%20edit3.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5188/5/BAB%20V%20edit1.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5188/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas VII SMPN 2 Gunungsari tahun ajaran 2014/2015 pada materi pokok kalor. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Randomized Posttest-Only Control Group Design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VII C dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk multiple choice dengan empat alternatif jawaban yang mempertimbangkan validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksprimen adalah 74.29 dan kelas kontrol sebesar 58.57, kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Data posttest dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak dan diperoleh