PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Author: | Arfan, Hari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5185/1/JURNAL.pdf http://eprints.unram.ac.id/5185/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik melalui model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2014/2015. Desain penelitian ini menggunakan Post test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster ramdom sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsari, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t. Diperoleh thitung sebesar 2,60 dan ttabel sebesar 2,06 dengan taraf signifikan 5%. Penjelasan tersebut menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Keterampilan Proses Sain (KPS) dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2014/1015. Dengan demikian, penelitian ini dapat dipertimbangkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan KPS siswa.