Penerapan Model Discovery Learning BerbantuanAlat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Suprayanti1, Ida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5178/1/JURNAL%28ida%20suprayanti%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/5178/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMPN 5 Jonggat tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan model Discovery Learning berbantuan alat peraga sederhana. Penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, sedangkan pelaksanaan model Discovery Learningberbantuan alat peraga sederhana dilakukan melalui enamtahap yakni tahap stimulasi, identifikasi masalah, mengumpulkan data menggunakan alat peraga sederhana, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan.Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan satu dan dua adalah 8,8 dengan kategori cukup aktif dan 12 dengan kategori aktif. Hasil evaluasi pada siklus I diperoleh rata-rata kelas sebesar 60 dengan ketuntasan klasikal sebesar 73%. Pada siklus II skor rata-rata aktvitas belajar siswa siklus II pertemuan satu dan dua yakni 16,6 dan 18 dengan keduanya berada pada kategori sangat aktif. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 68 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan alat peraga sederhana dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 5 Jonggat tahun pelajaran 2015/2016.