KEGIATAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA MATARAM (studi pengembangan di Kelompok B3 TK Negeri Pembina Mataram)
Main Author: | RIRIN DAMAYANTI, RIRIN DAMAYANTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5171/1/jurnall.pdf http://eprints.unram.ac.id/5171/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinidilatarbelakangiolehhasilobservasi di TK Negeri PembinaMataramterkaitdengankecerdasan interpersonal anak.Kecerdasan interpersonal anakbelumberkembang optimal sepertianakkurangdalamkemampuanbekerjasama, kemampuanberempatipada orang lain, kemampuanbertemanataumenjalinhubungan, dankemampuanmenjadipemimpin. Perkembangan optimal akanbisadilakukandenganmenggunakanmetodekegiatanbermainperan. Sehinggarumusanmasalahdaripenelitianiniadalahbagaimanakegiatanbermainperanuntukmeningkatkankecerdasan interpersonal anakusia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Mataram. Untukmenyelesaikanmasalahinimakapenelitianinibertujuanuntukmengetahuikegiatanbermainperan yang tepatuntukmeningkatkankecerdasan interpersonal anakusia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Mataram. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelompok B3 di TK Negeri Pembina Mataram, dimanajumlahsiswanyasebanyak 19 anak.Jenispenelitianiniadalahpenelitianpengembangandengan III tahapanpengembangan, yang masing-masingpengembanganterdiridariperencanaan, pelaksanaan, observasi, dananalisispengembangan.Data penelitiantentangkecerdasaninerpersonalanakdikumpulkandenganmetodeobservasi, dandokumentasiserta instrument menggunakanlembarobservasi.Data yang diperolehdianalisismenggunakanmetodeanalisiskuantitatifdeskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalangkah-langkahbermainperandapatmeningkatkankecerdasan interpersonal anak, dapatdilihatpadatahappengembangan I mencapai rata-rata 50%, sedangkanpadatahappengembangan II mulaimengalamipeningkatandengannilai rata-rata mencapai63,4%. Serta meningkatsecara optimal padatahappengembangan III denganpersentase 85,7%. Hasilpenelitianini di sarankankepadapengelolasekolah, guru, danpeneliti lain bisamengambambilmanfaatdarikegiatanbermainperan. Dengandemikianhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwadengankegiatanbermainperan yang dilakukandenganlangkah-langkah yang tepatdapatmengembangkankecerdasan interpersonalanakusia 5-6 tahun di TK Negeri PembinaMataram.