KEGIATAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA MATARAM (studi pengembangan di Kelompok B3 TK Negeri Pembina Mataram)

Main Author: RIRIN DAMAYANTI, RIRIN DAMAYANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5171/1/jurnall.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5171/
Daftar Isi:
  • Penelitianinidilatarbelakangiolehhasilobservasi di TK Negeri PembinaMataramterkaitdengankecerdasan interpersonal anak.Kecerdasan interpersonal anakbelumberkembang optimal sepertianakkurangdalamkemampuanbekerjasama, kemampuanberempatipada orang lain, kemampuanbertemanataumenjalinhubungan, dankemampuanmenjadipemimpin. Perkembangan optimal akanbisadilakukandenganmenggunakanmetodekegiatanbermainperan. Sehinggarumusanmasalahdaripenelitianiniadalahbagaimanakegiatanbermainperanuntukmeningkatkankecerdasan interpersonal anakusia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Mataram. Untukmenyelesaikanmasalahinimakapenelitianinibertujuanuntukmengetahuikegiatanbermainperan yang tepatuntukmeningkatkankecerdasan interpersonal anakusia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Mataram. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelompok B3 di TK Negeri Pembina Mataram, dimanajumlahsiswanyasebanyak 19 anak.Jenispenelitianiniadalahpenelitianpengembangandengan III tahapanpengembangan, yang masing-masingpengembanganterdiridariperencanaan, pelaksanaan, observasi, dananalisispengembangan.Data penelitiantentangkecerdasaninerpersonalanakdikumpulkandenganmetodeobservasi, dandokumentasiserta instrument menggunakanlembarobservasi.Data yang diperolehdianalisismenggunakanmetodeanalisiskuantitatifdeskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalangkah-langkahbermainperandapatmeningkatkankecerdasan interpersonal anak, dapatdilihatpadatahappengembangan I mencapai rata-rata 50%, sedangkanpadatahappengembangan II mulaimengalamipeningkatandengannilai rata-rata mencapai63,4%. Serta meningkatsecara optimal padatahappengembangan III denganpersentase 85,7%. Hasilpenelitianini di sarankankepadapengelolasekolah, guru, danpeneliti lain bisamengambambilmanfaatdarikegiatanbermainperan. Dengandemikianhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwadengankegiatanbermainperan yang dilakukandenganlangkah-langkah yang tepatdapatmengembangkankecerdasan interpersonalanakusia 5-6 tahun di TK Negeri PembinaMataram.