PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD BERBANTUAN JURNAL BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI I KOPANG KELAS VIII TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Author: FITRIANA, FITRIANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5168/1/BAB%20I%20.docx
http://eprints.unram.ac.id/5168/2/BAB%20II%20.docx
http://eprints.unram.ac.id/5168/3/BAB%20III%20.docx
http://eprints.unram.ac.id/5168/4/BAB%20IV%20DAN%20V.docx
http://eprints.unram.ac.id/5168/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD berbantuan jurnal belajar terhadap motivasi dan hasil belajar fisika siswa SMP Negeri I Kopang kelas VIII tahun ajaran 2013/2014. Desain penelitian ini menggunakan non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Kopang yang berjumlah 173 siswa, sedangkan sampelnya diperoleh siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dua pihak menggunakan rumus uji-t polled varians. Diperoleh thitung sebesar 2.289 dan ttabel sebesar 2.017 pada dk sebesar 46 dengan taraf signifikan 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD berbantuan jurnal belajar terhadap motivasi dan hasil belajar fisika siswa SMP Negeri I Kopang kelas VIII tahun ajaran 2013/2014.