PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR LISTRIK DINAMIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Author: | Anshori, M. Zainal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5163/1/PENGARUH%20PENGGUNAAN%20MEDIA%20PEMBEL%20POWER%20POWINT%20BERBASIS%20VIDEO%20THDP%20HSL%20BEL%20LISTRIK%20DINAMIS-M.%20ZAINAL%20ANSHORI%20%28E1Q%20007.029%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/5163/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint berbasis video terhadap hasil belajar listrik dinamis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Keruak tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Grop Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Keruak tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, dengan siswa kelas X-A sebagai siswa kelas eksperimen dan siswa kelas X-B sebagai siswa kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar (post-test), selanjutnya data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak yang merupakan uji beda rerata, diperoleh thitung = 3,806 dan ttabel dua pihak = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 62. Sesuai dengan kriteria pengujian jika t t +t , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Karena t > t , maka Ho diterima dan Ha ditolak. Ini berarti penggunaan media pembelajaran powerpoint berbasis video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar listrik dinamis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Keruak tahun ajaran 2011/2012.