UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENINGKATAN SELF-EFFICACY SISWA DENGAN PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2012-2013

Main Author: AULIYA, MUHAMMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5162/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unram.ac.id/5162/2/BAB%20II.docx
http://eprints.unram.ac.id/5162/3/BAB%20III.docx
http://eprints.unram.ac.id/5162/4/BAB%20IV.docx
http://eprints.unram.ac.id/5162/5/BAB%20V.docx
http://eprints.unram.ac.id/5162/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika dengan peningkatan self-efficacy siswa dengan penerapan metode cooperative script. Subyek penelitian siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 7 Mataram tahun pelajaran 2012/2013, obyeknya hasil belajar fisika pada pokok bahasan pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya. Pembelajaran dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta tahap refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi disetiap akhir siklus. Pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 74,42% dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 18,50 yang berada dalam kriteria aktif dan nilai rata-rata kelas 73,81 sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 83,37% dengan aktivitas belajar siswa menjadi sebesar 20,67 yang berada pada kriteria sangat aktif dan nilai rata-rata 81,06. Dapat disimpulkan bahwa usaha peningkatan self-efficacy siswa dengan penerapan metode cooperative script terhadap hasil belajar fisika siswa meningkat di SMP Negeri 7 Mataram tahun 2012/2013.