PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE-REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII

Main Author: FATIMATUZZAHRO, SITI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5161/1/10.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5161/2/11.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5161/3/12.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5161/4/13.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5161/5/14.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5161/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran practice-rehearsal pairs terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 23 Mataram tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 25,88 dan kelas kontrol sebesar 22,08. Hasil post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 69,96 dan kelas kontrol sebesar 54,25. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,95 dengn ttabel sebesar 2,0192 pada taraf signifikansi 5%, karena thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran practice-rehearsal pairs berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 23 Mataram Tahun Ajaran 2012/2013.