PENGARUH PENERAPAN MODEL TUTORIAL BERBASIS MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRIS

Main Author: Amnirullah, Lalu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5159/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unram.ac.id/5159/2/BAB%20II.docx
http://eprints.unram.ac.id/5159/3/BAB%20III.docx
http://eprints.unram.ac.id/5159/4/BAB%20IV%20soesen%20II.docx
http://eprints.unram.ac.id/5159/5/BAB%20V.docx
http://eprints.unram.ac.id/5159/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model tutorial berbasis media komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi optika geometris. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test-post-test control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN Selong tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 217 siswa. Sampel penelitian dengan jumlah siswa 58 orang dengan rincian 30 orang kelas eksperimen dan 28 orang kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 32,00 untuk tes awal dan 73,77 untuk tes akhir, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata kelas sebesar 32,62 untuk tes awal dan 67,26 untuk tes akhir. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,306 sedangkan ttabel sebesar 2,000. Karena thitung lebih besar daripada ttabel maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model tutorial berbasis media komputer berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa.