PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA CROSSWORD TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 23 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013
Main Author: | Wahidah S., Sri Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5158/1/BAB%20I%20R2.docx http://eprints.unram.ac.id/5158/2/BAB%20II%20R2.docx http://eprints.unram.ac.id/5158/3/BAB%20III%20R2.docx http://eprints.unram.ac.id/5158/4/BAB%20IV%20R2.docx http://eprints.unram.ac.id/5158/5/BAB%20V%20R2.docx http://eprints.unram.ac.id/5158/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan media crossword terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan quasi experimental design (desain eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Mataram tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh, diperoleh siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil pre-test menunjukkakn nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 49,47 dan kelas kontrol sebesar 45,14. Hasil post-test menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 75,11 dan kelas kontrol sebesar 66,00. Pembelajaran kooperatif tipe TGT mampu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran terutama dalam kelompok mereka sehingga terjadi interaksi saling berbagi informasi di dalam kelompok guna memenangkan tim dalam turnamen crossword. Media crossword yang telah dikembangkan membuat siswa tertarik untuk belajar dan menjawab setiap pertanyaan pada kartu turnamen. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media crossword ini mampu meningkatkan hasil belajar fisika siswa yakni terlihat dari nilai post-test siswa. Data post-test kedua kelas dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan rumus uji-t polled varians, diperoleh thitung = 3,14 dan ttabel = 2,01 pada dk 53 dan taraf signifikan 5%, karena t_hitung lebih besar dari pada t_tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan media crossword terhadap hasil belajar fisika siswa.