PENGARUH LKS BERBASIS INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMPN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Author: YULIANCI, SYAHRIANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5151/1/SKRIPSI.docx
http://eprints.unram.ac.id/5151/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis inquiry terhadap hasil belajar fisika. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 341 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII G berjumlah 44 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII H berjumlah 42 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas untuk kelas eksperimen adalah 52,07, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 55,44. Hasil post-test diperoleh nilai rata-rata kelas untuk kelas eksperimen adalah 69,30, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 64,60. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,58 sedangkan ttabel sebesar 1,99 pada taraf signifikan 5%, thitung lebih besar dari pada ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2012/2013.