PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMODELAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMKN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Author: JUMIATI, JUMIATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5148/1/7.%20BAB%201.docx
http://eprints.unram.ac.id/5148/2/8.%20BAB%20II.docx
http://eprints.unram.ac.id/5148/3/9.%20BAB%20III.docx
http://eprints.unram.ac.id/5148/4/10-11.%20BAB%20IV%20DAN%20V%20THYAN.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5148/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual (CTL) berbasis pemodelan terhadap prestasi belajar fisika siswa SMKN 7 Mataram tahun ajaran 2012/2013. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Grop Desain, sampel dalam penelitian terdiri atas dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas control dimana kelas XI TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TSM (Teknik Sepeda Motor) sebagai kelas kontrol , yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak, diperoleh thitung = 4,86 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5%. Ini berarti bahwa ada pengaruh penggunaan pendekatan kontekstual (CTL) berhasil pemodelan terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI SMKN 7 Mataram tahun ajaran 2012/2013.