PENERAPAN METODE ROLE PLAYING MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA TERMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013
Main Author: | AZHARI, DINUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5147/1/BAB%20I.docx http://eprints.unram.ac.id/5147/2/BAB%20II.docx http://eprints.unram.ac.id/5147/3/BAB%20III.docx http://eprints.unram.ac.id/5147/4/BAB%20IV.docx http://eprints.unram.ac.id/5147/5/BAB%20V.docx http://eprints.unram.ac.id/5147/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan hasil belajar fisika dengan menerapkan metode role playing menggunakan media ular tangga termodifikasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 7 Mataram tahun ajaran 2012/2013 pada materi pokok suhu. Pembelajaran dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu:, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 76,60 dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 18,33 yang termasuk dalam kategori aktif. Presentase ketuntasan siswa pada siklus ini sebesar 75,60%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,86 dan rata-rata aktivitas siswa sebesar 20,50 yang termasuk dalam kategori sangat aktif. Persentase ketuntasan siswa pada siklus II meningkat menjadi 85,40%. Hasil di atas menunjukkan bahwa penggunaan media ular tangga termodifikasi dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMP Negeri 7 Mataram tahun ajaran 2012/2013.