EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII MTs NW JUET TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Author: AZHARIADI, AZHARIADI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5145/1/BAB%20I.doc
http://eprints.unram.ac.id/5145/2/BAB%20II.doc
http://eprints.unram.ac.id/5145/3/BAB%20III.doc
http://eprints.unram.ac.id/5145/4/BAB%20IV.doc
http://eprints.unram.ac.id/5145/5/BAB%20V%20.doc
http://eprints.unram.ac.id/5145/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII MTs NW Juet tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling, dengan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda, data prestasi belajar dianalisis menggunakan uji-t dua pihak. Untuk uji-t diperoleh thitung = 2,518 dan ttabel = 2,060 dengan taraf signifikan 5%, karena thitung lebih besardari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar fisika siswa MTs NW Juet tahun ajaran 2012/2013.