PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS VIII MTs. DAKWAH ISLAMIYAH PUTRI NURUL HAKIM KEDIRI TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Author: | Arsianti, Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5142/1/BAB%20I%20%28UJIAN%291-8.docx http://eprints.unram.ac.id/5142/2/BAB%20II%20%28UJIAN%29%209-%2029.docx http://eprints.unram.ac.id/5142/3/BAB%20III%20%28UJIAN%29%2830-45%29.docx http://eprints.unram.ac.id/5142/4/BAB%20IV-V%20%28UJIAN%29%2846-53%29.docx http://eprints.unram.ac.id/5142/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe TGT pada siswa kelas VIII MTs. Dakwah Islamiyah Putri Nurul Hakim Kediri Tahun Ajaran 2011 / 2012 berjumlah 157 siswa terbagi menjadi 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh siswa kelas VIII E berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas VIII D berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen 2. Data hasil prestasi belajar dianalisis dengan uji-t dua pihak menggunakan rumus uji-t polled varians. Diperoleh thitung sebesar 2,198 dan ttabel sebesar 2,001 pada dk sebesar 59 dengan taraf signifikan 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe TGT pada siswa kelas VIII MTs. Dakwah Islamiyah Putri Nurul Hakim Kediri tahun ajaran 2011 / 2012.