PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: YUNIDANINGSIH, VIZA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5140/1/BAB%20I.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5140/2/BAB%20II.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5140/3/BAB%20III.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5140/4/BAB%204.docx
http://eprints.unram.ac.id/5140/5/BAB%20V.docx
http://eprints.unram.ac.id/5140/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan memanfaatkan media audiovisual terhadap peningkatan prestasi belajar fisika siswa MTs. Al-Aziziyah Kapek Gunungsari khususnya materi gerak lurus. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII yang berjumlah 216 siswa sedangkan sampelnya adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan kelasnya yang diacak. Penelitian ini menggunakan control group pre-test post-test design. Data yang diperoleh berupa prestasi belajar fisika siswa yang dianalisis menggunakan uji-t dua pihak. Dari hasil uji t (uji beda) didapatkan thitung sebesar 3,68 dan ttabel sebesar 2,021 sehingga thitung lebih besar dari ttabel. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan memanfaatkan media audiovisual berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa MTs. Al-Aziziyah Kapek Gunungsari khususnya materi fisika pada pokok bahasan gerak lurus.