The Problem Based Learning Model To Improve The Students’ Critical Thinking Ability

Main Author: Agus Salim, Agus Salim
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5134/1/Artikel_I2E015001_Agus%20Salim_MagPend_IPA.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5134/
Daftar Isi:
  • Agus salim. 2018. : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Ditinjau dari Kemampuan akademik Peserta didik kelas VII SMPN 1 Masbagik. Tesis Program Studi Magister Pendidikan IPA. Program Pascasarjana Universitas Mataram di bawah Dr. Jamaluddin, MPd. sebagai pembimbing I dan Dr. Harry Soeprianto, M.Si. Sebagai pembimbing II. Abstrak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning ( PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep Biologi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitain Non Equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Masbagek Tahun Pelajaran 2017/2018. Penentuan sampel dilakukan dengan Teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII sebanyak 4 (empat) kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dalam bentuk soal uraian, Penguasaan konsep biologi dalam bentuk pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan teknik uji Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi peserta didik yang berkemampuan Akademik Tinggi; (2) Model PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi peserta didik yang berkemampuan Akademik Rendah; (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara model PBL dengan kemampuan akademik perserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi.