PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN KIT SEDERHANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: Wardiawan, Zamrizal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5112/1/BAB%20I-V%20NURVENI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5112/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran generatif berbantuan kit sederhana berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gunungsari Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gunungsari dan sampel yang dipilih adalah siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang diperoleh dari penelitian berupa prestasi belajar fisika siswa yang dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan kriteria jika maka Ho diterima. Dari hasil analisis data didapatkan harga atau berada diluar interval pada taraf signifikan 5%, yakni dan , sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran generatif berbantuan kit sederhana berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gunungsari Tahun Ajaran 2010/2011.