PENGARUH PENERAPAN IMPROVING LEARNING MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: ZAKARIA, PATHURRAHMAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5111/1/BAB%20I-V.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5111/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan penerapan improving learning menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar fisika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Mataram tahun ajaran 2010/2011 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII_A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII_B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan kriteria Ho diterima jika -ttabel  thitung  ttabel dan Ho ditolak jika thitung < -ttabel atau thitung > ttabel. Hasil analisis data diperoleh thitung= 2,26 dan ttabel=2,00 pada taraf kepercayaan 95%. Karena thitung (2,26 ) > ttabel (2,00) maka hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar fisika siswa antara yang belajar dengan improving learning menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan improving learning menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar fisika siswa.