PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | SUNNI, M. ABDURRAHMAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5095/1/1.%20Bab%20I.pdf http://eprints.unram.ac.id/5095/2/1.%20Bab%20II.pdf http://eprints.unram.ac.id/5095/3/1.%20Bab%20III.pdf http://eprints.unram.ac.id/5095/4/1.%20Bab%20IV.pdf http://eprints.unram.ac.id/5095/5/1.%20BAB%20V.pdf http://eprints.unram.ac.id/5095/ |
ctrlnum |
5095 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/5095/</relation><title>PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011</title><creator>SUNNI, M. ABDURRAHMAN</creator><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar fisika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X Asta 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Asta 4 sebagai kelas kontrol. Data hasil prestasi belajar dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan diperoleh data untuk ranah kognitif thitung = 4,05 dan ttabel = 1,67; sedangkan untuk ranah psikomotor thitung = 2,28 dan ttabel = 1,67 pada dk = 51 dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5095/1/1.%20Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5095/2/1.%20Bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5095/3/1.%20Bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5095/4/1.%20Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5095/5/1.%20BAB%20V.pdf</identifier><identifier> SUNNI, M. ABDURRAHMAN (2011) PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>5095</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SUNNI, M. ABDURRAHMAN |
title |
PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
QC Physics |
url |
http://eprints.unram.ac.id/5095/1/1.%20Bab%20I.pdf http://eprints.unram.ac.id/5095/2/1.%20Bab%20II.pdf http://eprints.unram.ac.id/5095/3/1.%20Bab%20III.pdf http://eprints.unram.ac.id/5095/4/1.%20Bab%20IV.pdf http://eprints.unram.ac.id/5095/5/1.%20BAB%20V.pdf http://eprints.unram.ac.id/5095/ |
contents |
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar fisika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X Asta 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Asta 4 sebagai kelas kontrol. Data hasil prestasi belajar dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan diperoleh data untuk ranah kognitif thitung = 4,05 dan ttabel = 1,67; sedangkan untuk ranah psikomotor thitung = 2,28 dan ttabel = 1,67 pada dk = 51 dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011. |
id |
IOS5428.5095 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-07-10T08:01:56Z |
last_indexed |
2018-07-10T08:01:56Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351099974385664 |
score |
17.538404 |