PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: SUNNI, M. ABDURRAHMAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5095/1/1.%20Bab%20I.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5095/2/1.%20Bab%20II.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5095/3/1.%20Bab%20III.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5095/4/1.%20Bab%20IV.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5095/5/1.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5095/
ctrlnum 5095
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/5095/</relation><title>PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011</title><creator>SUNNI, M. ABDURRAHMAN</creator><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar fisika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X Asta 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Asta 4 sebagai kelas kontrol. Data hasil prestasi belajar dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan diperoleh data untuk ranah kognitif thitung = 4,05 dan ttabel = 1,67; sedangkan untuk ranah psikomotor thitung = 2,28 dan ttabel = 1,67 pada dk = 51 dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan thitung &gt; ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5095/1/1.%20Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5095/2/1.%20Bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5095/3/1.%20Bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5095/4/1.%20Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5095/5/1.%20BAB%20V.pdf</identifier><identifier> SUNNI, M. ABDURRAHMAN (2011) PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>5095</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SUNNI, M. ABDURRAHMAN
title PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic QC Physics
url http://eprints.unram.ac.id/5095/1/1.%20Bab%20I.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5095/2/1.%20Bab%20II.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5095/3/1.%20Bab%20III.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5095/4/1.%20Bab%20IV.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5095/5/1.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5095/
contents Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar fisika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X Asta 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Asta 4 sebagai kelas kontrol. Data hasil prestasi belajar dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan diperoleh data untuk ranah kognitif thitung = 4,05 dan ttabel = 1,67; sedangkan untuk ranah psikomotor thitung = 2,28 dan ttabel = 1,67 pada dk = 51 dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011.
id IOS5428.5095
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-07-10T08:01:56Z
last_indexed 2018-07-10T08:01:56Z
recordtype dc
_version_ 1686351099974385664
score 17.538404