PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA MATERI POKOK KALOR KELAS VII DI MTs NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | KHALILURRAHMAN, KHALILURRAHMAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5093/1/BAB%20I.rtf http://eprints.unram.ac.id/5093/2/BAB%20II.rtf http://eprints.unram.ac.id/5093/3/BAB%20III.rtf http://eprints.unram.ac.id/5093/4/BAB%20IV.docx http://eprints.unram.ac.id/5093/5/Bab%20V.rtf http://eprints.unram.ac.id/5093/ |
Daftar Isi:
- Penelitian Ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran model induktif kata bergambar terhadap prestasi belajar fisika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Mataram tahun pelajaran 2010/2011. Sampel untuk penelitian ini adalah siswa kelas VII-D untuk kelas eksperimen dan siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data hasil prestasi belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t dan diperoleh thitung = 7,89 dan ttabel = 2,015 pada taraf kepercayaan 95%. Karena thitung > ttabel, maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti penggunaan media pembelajaran model induktif kata bergambar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar fisika siswa.