PENGARUH PENERAPAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI TOKOH PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 GERUNG
Main Author: | Eka Putri Nareswari, Fidya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5083/1/JURNAL.pdf http://eprints.unram.ac.id/5083/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi flipped classroom terhadapk keterampilabn menulis teks biografi tokoh pada siswa kelas X MIPA SMAN 1 Gerung. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan disain Posttest Only, Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMAN 1 Grung yang terdiri dari 6 kelas. pengambillan sampel dilakukan dengan teknik purposive Sapling, dengan siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan adalah berupa dokumentasi dan tes unjuk kerja, tes unjuk kerja di sini berupa intruksi menulis teks biografi tokoh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi pada data posttest kelas eksperimen 0.082, nilai 0.82 > 0.05 maka posttest pada kelompok eksperimen berdistribusi normal. Pada data posttest kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi 0.344, nilai 0.344 > 0.05 maka posttest kelas eksperimen juga berdistribusi normal. Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi pada uji homogenitas sebesar 0.181, nilai 0.181 > 0.05, maka kedua data dinyatakan homogen. Data yang telah diperoleh kemudian di analisis menggunakan uji t (t-test) 2-tailed dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh besar t hitung sebesar 7.033 dengan df 29. Nilai t hitung tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dan df 29. Hasil yang didapat nilai t tabel 1,699, hal tersebut menunjukan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai (7.033 > 1,699) maka diterima dan ditolak. Artinya hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan diterima yang menjukkan bahwa terdapat pengaruh berupa peningkatan keterampilan menulis teks biografi tokoh peserta didik menggunakan strategi flipped classroom pada peserta didik kelas X SMAN 1 Gerung.