NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAKHAYU MASYARAKAT DESA MONTONG TEREP KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

Main Author: Arianti, Winda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5076/1/JURNAAL%20AHIM.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5076/
Daftar Isi:
  • Tujuan ini adalah untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam takhayul masyarakat Desa Montong Terep dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMP. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimanakah jenis-jenis takhayul yang terdapat dalam masyarakat Desa Montong Terep, bagimnakah nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam takhayul masyakat Desa Montong Terep, dan bagaimanakah kaitan nilai-nilai pendidikan yang terkandung takhayul masyarakat Desa Montong Terep, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah dengan pembelajaran sastra di SMP. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara, teknik catat, teknik transkripsi, teknik penerjamahan,dan teknik dokumentasi. Pada metode analisis data digunakan metode kualitatif deskriptif yang di hubungkan dengan menggunakan teori Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukan bahwa takhayul yang terdapat dalam masyarakat Desa Montong Terep dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya takhayul disekitar lingkungan hidupan manusia, takhayul mengenai alam gaib, takhayul mengenai terciptanya alam semesta dan dunia, dan takhayul mengenai tafsir mimpi. Beberapa nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam takhayul masyarakat Desa Montong Terep diantaranya, nilai pendidikan moral di antaranya adalah takhayul yang mengajarkan tentang adab kesopanan. Nilai Pendidikan Religius (keagamaan) berbentuk larangan, kemudian sebagai konsekuensi larangan tersebut diberikan ancaman sebagai akibat jika melanggarnya. Kemudian takhayul yang mengandung. Takhayul yang mengandung nilai pendidikan sosial diantaranya adalah mengajarkan tentang gotong-royong, saling berbagi satu sama lain. Nilai- nilai pendidikan dalam takhayul mempunyai hubungan yang sangat erat dan fungsinya sejalan dengan pendidikan atau pengajaran sastra di SMP. Nilai pendidikan dalam pembelajaran sastra di SMP dapat dikaitkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada kelas IX (sembilan) semester satu dengan SK menulis (mengungkapkan kembali pikiran