PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

Main Author: MF, YATNI SULFA DEWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5058/1/BAB%20I.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5058/2/BAB%20II.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5058/3/BAB%20III.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5058/4/BAB%20IV.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5058/5/BAB%20V.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5058/
ctrlnum 5058
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/5058/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA &#xD; KELAS VIIIE SMP NEGERI 12 MATARAM&#xD; TAHUN AJARAN 2009/2010</title><creator>MF, YATNI SULFA DEWI</creator><subject>QC Physics</subject><description>Berdasarkan hasil observasi awal serta wawancara dengan guru bidang studi IPA fisika kelas VIII E di SMP Negeri 12 Mataram, hal yang menjadi pemicu rendahnya prestasi belajar IPA fisika siswa adalah pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru dan siswa yang pintar saja serta siswa juga cenderung individual dan kurang aktif, ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa hanya 56,47% dengan KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 64. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar IPA Fisika siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Mataram tahun ajaran 2009/2010 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan metode eksperimen. Data prestasi belajar diperoleh dari hasil tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus pembelajaran. Penelitian tindakan ini berlangsung selama dua siklus. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 68,16 dengan persentase ketuntasan 71,05% dan meningkat menjadi 71,97 dengan persentase ketuntasan 89,47% pada siklus II. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Mataram.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5058/1/BAB%20I.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5058/2/BAB%20II.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5058/3/BAB%20III.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5058/4/BAB%20IV.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5058/5/BAB%20V.rtf</identifier><identifier> MF, YATNI SULFA DEWI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>5058</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MF, YATNI SULFA DEWI
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010
publishDate 2011
topic QC Physics
url http://eprints.unram.ac.id/5058/1/BAB%20I.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5058/2/BAB%20II.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5058/3/BAB%20III.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5058/4/BAB%20IV.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5058/5/BAB%20V.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5058/
contents Berdasarkan hasil observasi awal serta wawancara dengan guru bidang studi IPA fisika kelas VIII E di SMP Negeri 12 Mataram, hal yang menjadi pemicu rendahnya prestasi belajar IPA fisika siswa adalah pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru dan siswa yang pintar saja serta siswa juga cenderung individual dan kurang aktif, ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa hanya 56,47% dengan KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 64. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar IPA Fisika siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Mataram tahun ajaran 2009/2010 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan metode eksperimen. Data prestasi belajar diperoleh dari hasil tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus pembelajaran. Penelitian tindakan ini berlangsung selama dua siklus. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 68,16 dengan persentase ketuntasan 71,05% dan meningkat menjadi 71,97 dengan persentase ketuntasan 89,47% pada siklus II. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Mataram.
id IOS5428.5058
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-07-10T08:01:56Z
last_indexed 2018-07-10T08:01:56Z
recordtype dc
_version_ 1686351100074000384
score 17.538404