PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS PRAKTIKUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMAN 1 PEMENANG

Main Author: HIDAYAT, ARIF
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5057/1/BAB_I.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5057/2/BAB_II.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5057/3/BAB_III.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5057/4/BAB_IV.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5057/5/BAB_V.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5057/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah penerapan metode talking stick berbasis praktikum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X di SMAN 1 Pemenang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni 2010 sampai dengan Agustus 2011, dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X C SMA Negeri 1 Pemenang, Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 36 orang siswa. Pencapaian siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,78% dan ratarata kelas ( X ) sebesar 75,31. Pencapain siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,49% dan rata-rata kelas ( X ) sebesar 75,05. Pencapaian siklus III dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,89% dan rata-rata kelas ( X ) sebesar 76,51 Dari hasil yang didapat, terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 8,71%, dan dari siklus II ke siklus III mengalami penigkatan sebesar 5,40%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode talking stick berbasis praktikum mampu meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X C SMAN 1 Pemenang semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011.