EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN ONEWAY PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMAN I BATULAYAR TAHUN AJARAN 2010 / 2011”
Main Author: | Mahabbah, Mahabbah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5053/1/BAB%201-V.docx http://eprints.unram.ac.id/5053/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan metode make a match menggunakan oneway puzzle terhadap prestasi belajar fisika siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Batulayar tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 76 orang yang terbagi menjadi 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling diperoleh siswa kelas X 1 berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X 3 berjumlah 25 orang sesebagai kelas kontrol. Data hasil prestasi belajar dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan diperoleh thitung 2,79 dan ttabel 1, 684 pada dk = 48 dan taraf signifikan 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode make a match menggunakan oneway puzzle efektif terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Batulayar Tahun Ajaran 2010 / 2011.