EFEKTIFITAS PENERAPAN MODUL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII MTs N 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: Khatimah, Chusnul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5049/1/z.%20HAL%201-45%20BAB%20I%2CII%2C%20III%2CIV%2CV.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5049/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan tujuan mengetahui efektivitas penerapan modul belajar melalui pembelajaran kooperatif terhadap prestasi belajar fisika siswa MTs N 2 Mataram tahun pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs N 2 Mataram dan sampelnya adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Data yang diperoleh data prestasi belajar, dianalisis dengan uji-t dan diperoleh thitung = 3,60 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 65. Karena thitung lebih besar dari ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, ini berarti penerapan modul belajar melalui pembelajaran kooperatif efektif terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VII MTs N 2 Mataram tahun pelajaran 2010/2011.