EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF MENGGUNAKAN TEKNIK PEMECAHAN MASALAH KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BATUKLIANG TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: ERNITA, NEVI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5047/1/BAB%20I.doc
http://eprints.unram.ac.id/5047/2/BAB%20II.doc
http://eprints.unram.ac.id/5047/3/BAB%20III.docx
http://eprints.unram.ac.id/5047/4/BAB%20IV.docx
http://eprints.unram.ac.id/5047/5/BAB%20V.docx
http://eprints.unram.ac.id/5047/
Daftar Isi:
  • Salah satu faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran yaitu pemilihan metode atau teknik pembelajaran yang digunakan oleh guru. Kegiatan pembelajaran lebih banyak bersifat teacher centered, sehingga kurang bermaknanya pembelajaran bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran partisipatif menggunakan teknik pemecahan masalah kritis terhadap prestasi belajar fisika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Batukliang tahun ajaran 2010/2011 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil uji homogenitas data dari kedua sampel diperoleh Fhitung < F tabel yaitu 1,001 < 1,865 sehingga kedua sampel homogen. Uji normalitas data dari kedua kelas diperoleh nilai χ2hitung< χ2tabel pada taraf kepercayaan 95% yaitu pada kelas eksperimen didapatkan χ2hitung = 3,4127 dan χ2tabel = 11,070 dan pada kelas kontrol didapatkan χ2hitung = 9,2158 dan χ2tabel = 11,070, sehingga data terdistribusi normal. Data prestasi siswa dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Setelah dianalisis menggunakan uji-t, didapatkan nilai thitung 2,315 dan ttabel pada taraf kepercayaan 95% sebesar 1,675 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran partisipatif menggunakan teknik pemecahan masalah kritis efektif terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batukliang.