PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN DAYA SERAP SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS IX SMP YATOFA TAHUN AJARAN 2008/2009

Main Author: EFENDI, ZAENUDIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5044/1/BAB%20I-V%20OK.doc
http://eprints.unram.ac.id/5044/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya serap siswa pada pembelajaran fisika melalui penerapan model pembelajaran Advance Organizer di kelas IX SMP YATOFA tahun ajaran 2008/2009. Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP YATOFA BODAK. Pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, ketuntasan kelasikalnya adalah 68,18%, rata-rata kelas 62,5 dan daya serap 69,44 %, . Selajutnya berdasarkan catatan dan kekurangan yang terdapat pada siklus I dilakukan perbaikan, perbaikan meliputi melalui perbaikan-perbaikan terhadap kekuarangan dan catatan yang terjadi pada siklus I. Adapun hal utama yang menjadi preoritas pada siklus II yaitu memberikan perhatian dan bimbingan kepada siswa yang perhatian terhadap kegitan berlajar masih kurang, meningkatkan keakitfan siswa melalui kegiatan diskusi dan eksperimen. Hasil penelitian Siklus II, ketuntasan kelasikalnya adalah 86,36% dengan rata-rata kelas 69,32 dan daya serap 77,02 %.. Berdasarkan hasil dan data dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Pembelajaran Advance Organizer dapat meningkatkan daya serap siswa pada pembeajaran fisika kelas IX SMP YATOFA tahun ajaran 2008/2009.