DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN EJS (Easy Java Simulations) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 9 MATARAM TAHUN PEJARAN 2009 / 2010

Main Author: SURYANINGSIH, SURYANINGSIH
Format: Thesis NonPeerReviewed Slide
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5040/1/persentasi%20ning.ppt
http://eprints.unram.ac.id/5040/
Daftar Isi:
  • Telah dilaksanakan penelitian dengan tujuan untuk mendesain media (simulasi) pembelajaran fisika dengan menggunakan EJS (Easy Java Simulations) dan mengetahui respon siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram terhadap penggunaan desain media pembelajaran fisika tersebut. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling sehingga diperoleh kelas VIII-F sebagai kelas perlakuan. Media pembelajaran fisika menggunakan EJS (Easy Java Simulations) didesain dalam pokok bahasan gerak meliputi: standar kompetensi, materi, soal, author. Materi media pembelajaran ini berisi tentang pengertian gerak, gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran fisika menggunakan EJS (Easy Java Simulations) dan soal latihan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data hasil sebaran angket respon siswa dianalisis dengan menggunakan pedoman konversi skala lima, dari analisis data diperoleh respon siswa sebesar 79,41 % dengan kategori sangat baik. Dan hasil belajara siswa diperoleh nilai rerata sebesar 66,95.