Pengembangan PBK untuk meningkatkan Kemampuan problem solving calon guru fisika

Main Authors: Rokhmat, Joni, Setiawan, Agus, Rusdiana, Dadi
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5034/1/Dok%20Lamp%20C22%2C%20Prosiding%20Seminar%20Nasional%20UNY%202012.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5034/
https://drive.google.com/file/d/1UWRAROJtjqT-5q22wfzV--BhhXpwYSl6/view
Daftar Isi:
  • Telah dikembangkan proses berpikir kausalitas dan berpikir analitik (PBK-BA) untuk pembelajaran fisika dasar, pokok bahasan hukum Newton. Pengembangan ini dimaksudkan menjadi sebuah strategi alternatif dalam pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengekplorasi pola berpikir mahasiswa dan menguji efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan problem-solving mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini melibatkan 45 mahasiswa pendidikan fisika yang sedang mengambil matakuliah fisika dasar I. Metode yang digunakan adalah metode campur (mix method), berjenis embedded design onephase yang menekankan alanlisis kualitatif, Creswell & Clark (2007, p. 67-71). PBK-BA memberi peluang bagi mahasiswa untuk menyelesaikan setiap persoalan secara terbuka dan memfasilitasi mahasiswa untuk memahami konsepnya secara menyeluruh. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji beda rata-rata dan skor gain ternormalisasi. Hasil analisis menunjukkan kenaikan kemampuan problem-solving mahasiswa. Selain itu, hasil analisis angket menunjukkan adanya respon yang sangat positip dari mahasiswa terhadap penggunaan strategi ini