PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 8 MATARAM
Main Author: | Restuwantini, Siswati Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5010/1/BAB%201%20-%20BAB%20V.doc http://eprints.unram.ac.id/5010/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, bertujuan membuat media pembelajaran menggunakan barang bekas sebagai bahan dasar pembuatannya, mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar fisika siswa, dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran fisika dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Mataram tahun pelajaran 2009/2010, sampel penelitian adalah kelas VIIIG sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIF sebagai kontrol. Data prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dan data respon siswa dikumpulkan dengan angket. Data prestasi belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t dan data respon siswa di analisis menggunakan skor skala lima. Dalam penelitian ini telah dibuat 4 alat percobaan untuk materi pokok fluida statis. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada, taraf signifikansi 5% dengan dk1 = n1 – 1 dan dk2 = n2 – 1 diperoleh thitung = 2,52 dan ttabel= 2,00. Karena thitung > ttabel atau 2,52 > 2,00 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran fisika berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Sedangkan hasil analisis data angket diperoleh bahwa respon siswa positif terhadap model pembelajaran sebesar 74,21 %, yang termasuk dalam katagori baik.