PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Main Author: HAMIDI, HAMIDI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5002/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unram.ac.id/5002/2/BAB%20II.docx
http://eprints.unram.ac.id/5002/3/bab%20III.docx
http://eprints.unram.ac.id/5002/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar fisika dan respon siswa di SMP Negeri 3 Labuapi, terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dan data respon siswa dikumpulkan dengan angket. Data prestasi belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t dan data respon siswa di analisis menggunakan norma absolut skala lima. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada, taraf signifikansi 5% dengan dk1 = n1 – 1 dan dk2 = n2 – 1 diperoleh thitung= 3,05 dan ttabel= 2,042. Karena thitung > ttabel atau 3,05 > 2,042 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) berpengaruh sebesar 18% terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Sedangkan hasil analisis data angket diperoleh bahwa respon siswa positif terhadap pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) sebesar 70,05 %, yang termasuk dalam kategori baik.