PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII DI SMPN 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: RAMADHANINGSIH, SRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4992/1/Copy%20of%20BAB%20I%202003.doc
http://eprints.unram.ac.id/4992/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran CLIS ini memiliki pengaruh terhadap pembelajaran fisika kelas VIII di SMPN 1 Labuapi tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dan uji homogenitas untuk mengetahui bahwa kemampuan kedua kelompok adalah homogen, Data homogen jika Fhitung < Ftabel pada taraf signifikan 5%. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes obyektif untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa. Data tes awal siswa diambil dari ujian pada materi yang lalu untuk mengetahui kemampuan awal kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui pengaruh signifikan terhadap “model pembelajaran clis. Dari hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,85 > 2,00. Ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan terhadap“model pembelajaran CLIS” terhadap hasil belajar fisika siswa, serta terdapat perbedaan hasil belajar yang cukup berarti antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikasi 5%.