PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Main Author: | SATRIAWAN, MUHAMMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4990/1/BAB%20I%20REVISI.doc http://eprints.unram.ac.id/4990/ |
ctrlnum |
4990 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4990/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING 
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN
DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA 
SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI 
TAHUN PELAJARAN 2009/2010</title><creator>SATRIAWAN, MUHAMMAD</creator><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keterampilan dan pemahaman konsep fisika pada pokok bahasan pesawat sederhana dengan menggunakan penerapan strategi Reciprocal Teaching. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2009/2010 dan obyeknya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, serta tahap refleksi. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi disetiap akhir siklus. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 13,85 yang berada dalam kriteria cukup aktif, nilai rata-rata kelas 61,41 dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 64,10% sedangkan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu skor aktivitas belajar siswa menjadi sebesar 18,38 yang berada pada kriteria aktif, nilai rata-rata 73,46 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 89,74%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategil pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2009/2010.</description><date>2010</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4990/1/BAB%20I%20REVISI.doc</identifier><identifier> SATRIAWAN, MUHAMMAD (2010) PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4990</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SATRIAWAN, MUHAMMAD |
title |
PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN
DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA
SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI
TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
publishDate |
2010 |
topic |
QC Physics |
url |
http://eprints.unram.ac.id/4990/1/BAB%20I%20REVISI.doc http://eprints.unram.ac.id/4990/ |
contents |
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keterampilan dan pemahaman konsep fisika pada pokok bahasan pesawat sederhana dengan menggunakan penerapan strategi Reciprocal Teaching. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2009/2010 dan obyeknya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, serta tahap refleksi. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi disetiap akhir siklus. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 13,85 yang berada dalam kriteria cukup aktif, nilai rata-rata kelas 61,41 dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 64,10% sedangkan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu skor aktivitas belajar siswa menjadi sebesar 18,38 yang berada pada kriteria aktif, nilai rata-rata 73,46 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 89,74%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategil pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2009/2010. |
id |
IOS5428.4990 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-07-10T08:01:53Z |
last_indexed |
2018-07-10T08:01:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351100262744064 |
score |
17.538404 |