PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Main Author: SATRIAWAN, MUHAMMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4990/1/BAB%20I%20REVISI.doc
http://eprints.unram.ac.id/4990/
ctrlnum 4990
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4990/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING &#xD; UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN&#xD; DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA &#xD; SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI &#xD; TAHUN PELAJARAN 2009/2010</title><creator>SATRIAWAN, MUHAMMAD</creator><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keterampilan dan pemahaman konsep fisika pada pokok bahasan pesawat sederhana dengan menggunakan penerapan strategi Reciprocal Teaching. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2009/2010 dan obyeknya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, serta tahap refleksi. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi disetiap akhir siklus. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 13,85 yang berada dalam kriteria cukup aktif, nilai rata-rata kelas 61,41 dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 64,10% sedangkan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu skor aktivitas belajar siswa menjadi sebesar 18,38 yang berada pada kriteria aktif, nilai rata-rata 73,46 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 89,74%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategil pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2009/2010.</description><date>2010</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4990/1/BAB%20I%20REVISI.doc</identifier><identifier> SATRIAWAN, MUHAMMAD (2010) PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4990</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SATRIAWAN, MUHAMMAD
title PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
publishDate 2010
topic QC Physics
url http://eprints.unram.ac.id/4990/1/BAB%20I%20REVISI.doc
http://eprints.unram.ac.id/4990/
contents Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keterampilan dan pemahaman konsep fisika pada pokok bahasan pesawat sederhana dengan menggunakan penerapan strategi Reciprocal Teaching. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2009/2010 dan obyeknya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, serta tahap refleksi. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi disetiap akhir siklus. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 13,85 yang berada dalam kriteria cukup aktif, nilai rata-rata kelas 61,41 dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 64,10% sedangkan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu skor aktivitas belajar siswa menjadi sebesar 18,38 yang berada pada kriteria aktif, nilai rata-rata 73,46 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 89,74%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategil pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2009/2010.
id IOS5428.4990
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-07-10T08:01:53Z
last_indexed 2018-07-10T08:01:53Z
recordtype dc
_version_ 1686351100262744064
score 17.538404