PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROTASI TRIO BERGANTI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

Main Author: Mardiwanto, Tri Wira Saka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4989/1/bab1perbaikan2.docx
http://eprints.unram.ac.id/4989/2/bab2%20perbaikan2.docx
http://eprints.unram.ac.id/4989/3/bab3%20perbaikan2.docx
http://eprints.unram.ac.id/4989/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik rotasi trio berganti. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TITL tahun pelajaran 2009/2010 sedangkan obyeknya adalah motivasi dan prestasi belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan pengisian angket motivasi sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi di setiap akhir siklus. Pada siklus I diperoleh skor motivasi belajar sebesar 99,37 yang berada dalam kriteria baik dan nilai rata-rata kelas 60,74 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 68,42 % sedangkan pada siklus II motivasi dan prestasi belajar mengalami peningkatan yaitu skor motivasi belajar adalah 124,13 yang berada pada kriteria sangat baik dan nilai rata-rata kelas 70,42 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 86,84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik rotasi trio berganti dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kelas XI SMKN 3 Mataram tahun pelajaran 2009/2010.